Pendidikan Pengembangan Pengabdian
KIRIM DONASI ANDA MELALUI KAMI DI 021-747 11 209

Profil Yayasan Irtiqo Kebajikan

PROFILE YAYASAN IRTIQO KEBAJIKAN

  • Amanah & Transparan
  • Muda & Progressif
  • Berdaya & Memberdayakan


PROFIL LEMBAGA
Yayasan Irtiqo Kebajikan adalah lembaga nirlaba yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan memberdayakan dana Zakat, Infak, Sodaqoh dan Wakaf (ZISWAF), baik untuk pendidikan anak sekolah, panti asuhan, maupun pemberdayaan masyarakat dalam skala yang lebih luas.
Akhir tahun 1997 memasuki tahun 1998, Indonesia mengalami krisis moneter sehingga kemiskinan dan anak terlantar yang jumlahnya sudah banyak menjadi bertambah banyak. Kenyataan tersebut menggerakkan ke lima orang muda yang sebagian besar mahasiswa untuk berkontribusi membantu anak bangsa dengan mendirikan panti asuhan yang mendidik dan menyekolahkan anak anak yatim piatu dan dhuafa dari SD sampai SMU, dan bahkan universitas untuk anak dengan kemampuan akademis yang mumpuni. Seiring berjalannya waktu, Yayasan Irtiqo Kebajikan mengembangkan program program sosial untuk segmen yang lebih beragam, dari panti asuhan, beasiswa non panti, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sampai Baitul Maal Wattamwil (BMT), lembaga simpan pinjam untuk membiayai para pedagang kecil yang banyak terjerumus dalam praktek rentenir.
Atas nama kepedulian terhadap problematika sosial, semangat serta visi yang besar, maka Yayasan Irtiqo Kebajikan resmi didirikan pada tanggal 31 Desember 1997 yang disahkan oleh notaries Ny Lanny Ratna Ekowati Soebroto, SH dengan nomor akte notaries 148.
Atas kepedulian serta kedermawanan para donator pula Yayasan Irtiqo Kebajikan memiliki tanah dan gedung sendiri yang merupakan wakaf dari beberapa orang yang sangat luar biasa baik perorangan maupun komunitas dari hikmah pelangi AsiaWorks Indonesia.

VISI MISI
VISI
Meningkatkan kualitas kaum dhuafa, yakni kualitas intelektual, moral, dan spiritual.

MISI
Membina kaum dhuafa baik jasmani maupun rohani, dalam bentuk pendidikan yang diharapkan menjadi pribadi yang memiliki integritas tinggi, beriman dan berakhlakul karimah.

TUJUAN
Mendidik insan insan dhuafa dalam meningkatkan harkat dan martabat mereka di tengah tengah masyarakat agar menjadi umat yang berkualitas, berhasil, dan berdaya guna.

INTI KEGIATAN SAAT INI
  1. Menjadikan Yayasan Irtiqo Kebajikan sebagai “Rumah pendidikan” untuk 40 anak yatim piatu dan dhuafa
  2. Memberikan bantuan pendidikan non panti setiap bulan kepada anak yatim piatu serta dhuafa di  berbagai daerah di pulau jawa.
  3. Membuat Taman Bacaan Masyarakat baik untuk anak binaan yayasan maupun masyarakat umum.
  4. Mengembangkan usaha Yayasan Irtiqo Kebajikan agar yayasan menjadi lembaga sosial mandiri, tidak bergantung pada donasi dari perorangan. 

PERSONALIA YAYASAN IRTIQO KEBAJIKAN

Dewan Pembina Yayasan Irtiqo Kebajikan
  1. Ghozali
  2. TubagusYamin, S.Ag
  3. Maskuroh, S.Ag

Dewan Pengawas Yayasan Irtiqo Kebajikan
  1. Ibu Soeharto Djokotjahtjono
  2. Bapak H Marwan
  3. Bapak H Alamsyah
  4. Bapak H. Abdillah (Lurah Rempoa)

Badan Pengurus Harian Yayasan Irtiqo Kebajikan
  1. Komarudin, S.Ag. Ketua Yayasan
  2. Tri Esti Rahmaningsih, S.Pd. Bendahara Yayasan
  3. Siti Komariah, S.Psi. Sekretaris & Public Relation

Divisi Divisi
  1. Soleh, S.Pd. Manager Usaha Yayasan
  2. Sudin. Divisi Rumah Tangga dan Sarana Pra Sarana
  3. Wihda Aulia. Divisi Pendidikan & ISO
  4. Lilis Handayani. Divisi TBM & Keputrian
  5. M. Asep Syaepudin. Divisi Pembinaan

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More
Find out more about endangered species
Find out more about endangered species